Pemilihan Warna Pada Sebuah Desain


Warna
Teman2 saya mau nyambung nih postingan tentang arti sebuah logo. Kali ini saya mau menjelaskan pemilihan warna harus menjadi pertimbangan saat anda mendesain logo. Warna, sebagaimana juga bentuk dan tulisan merupakan media penyampaian pesan. Secara naluri merusia menggunakan dan mempersepsikan warna dengan suatu konsep. Contoh pilihan warna traffic light, di mana warna merah menandakan berhenti, kuning menandakan hati-hati, sedangkan hijau menandakan jalan terus.

Terkadang banyak yang tidak sadar bahwa warna mempunyai makna yang bisa dipetakan. Banyak yang menggunakan warna karena dasar kesukaan saja, dan kurang mempertimbangkan berbagai aspek lainnya.

Warna juga bisa digunakan untuk memperkuat nilai pesan yang hendak disampaikan melalui logo.
Karena pilihan warna mengindikasikan prefensi sifat dan sikap yang dimiliki perusahaan tersebut.

Pilihan warna sangat terkait dengan berbagai faktor yang melingkupi perusahaan tersebut. Anda harus mempertimbangkan makna warna-warna tertentu bagi masyarakat tertentu. Misalnya, warna merah menandakan keberuntungan dalam budaya Chinese, sedangkan warna putih merupakan tanda kematian. Budaya Jawa mengasosiasikan warna merah dengan kemarahan, darah, dan keberanian, sedangkan warna putih cendrung diartikan sebagai refleksi kesucian.

Tentunya anda tetap mempunyai kebebasan dalam memilih warna, tetapi akan lebih baik kalau anda mempertimbangkan arti warna bagi publik yang anda tuju.

Teman2 sampai disini dulu penjelasan say tentang warna, selanjutnya saya akan menjelaskan arti-arti warna satu per satu., supaya teman2 lebih mengerti tentang arti sebuah warna.


Pemilihan Warna Pada Sebuah Desain Pemilihan Warna Pada Sebuah Desain Reviewed by eka ajae on 6:59 AM Rating: 5

No comments:

Komentar

Powered by Blogger.