'Membuat & Texturing Football A / Soccer Ball Menggunakan 3dsmax' |
oleh Benetatos Themis |
Perangkat Lunak yang Digunakan : |
3dsmax |
Pendahuluan: |
Beberapa orang telah bertanya kepada saya bagaimana mereka bisa tekstur bola yang dihasilkan dengan saya script Ball Football Maker. Pilihan pertama, dan jelek, akan untuk meratakan Uvs dalam pengubah membuka dan kemudian tekstur dalam perangkat lunak lukisan 3D seperti Mudbox / BodyPaint dll Pilihan kedua adalah dengan membuat bola poli rendah, membukanya dan kemudian menghasilkan normal peta untuk patch dari model poli tinggi. Ini adalah solusi saya akan menjelaskan dalam tutorial ini kecil. |
Langkah 1 : |
Hasilkan sepak bola dengan script (link Download:) ( Fig.01 ). |
Fig.01 |
Langkah 2 : |
Sembunyikan sepak bola dan menciptakan Box di posisi 0,0,0 ( Fig.02 ). |
Fig.02
|
Langkah 11 : |
Aku tahu mungkin terdengar sangat besar untuk sebagian dari Anda, tapi aku mendapatkan hasil yang lebih baik dengan lebar dan tinggi 4096 untuk tekstur peta normal saya. Anda masih dapat memasukkan nilai yang lebih kecil tetapi jika Anda mendapatkan artefak atau deformasi kecil mungkin lebih baik untuk tetap dengan 4096 pixel. Tekan tombol Render dan tunggu sampai dialog baking menghilang ( Gbr.11 ). |
Gbr.11 |
Langkah 12 : |
Hasilnya harus tekstur peta ini normal. Jika, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Anda melihat artefak di peta tekstur normal anda maka ada kemungkinan besar bahwa jumlah nilai Anda dalam proyeksi pengubah terlalu kecil.Jika hal ini terjadi maka meningkatkan nilai jumlah dan tekan Render lagi sampai semua artefak hilang ( Gbr.12 ). |
Gbr.12 |
Langkah 13 : |
Buka Material Editor, klik slot Bump peta, pilih Normal Bump, klik tombol Normal dan pilih tekstur normal peta yang dihasilkan Anda. Naikkan nilai default dari benjolan dari 30 sampai 100. Terapkan peta dan menyembunyikan atau menghapus poli sepakbola tinggi yang dihasilkan karena kita tidak membutuhkannya lagi. Anda sekarang harus memiliki membukanya bola poli rendah dengan tambalan di membuat Anda. Jika Anda ingin melihat benjolan normal dalam viewport, Anda dapat melihat pratinjau shader Anda dalam mode DirectX dengan menjaga preview tombol ditekan dan memilih tombol preview pink ( Gbr.13 ). |
Gbr.13 |
Langkah 14 : |
Sisi ke sisi sepak bola poli tinggi dihasilkan dengan script dan versi membukanya. Anda sekarang dapat melukis bola di sebuah perangkat lunak lukisan 3D. Saya menggunakan Sculptris (http://www.zbrushcentral.com/showthread.php?t=090617) karena ini gratis, hanya untuk menunjukkan betapa mulus garis biru. Tapi Anda juga dapat mengekspor membuka tekstur UV dan cat di Photoshop misalnya, itu hanya sulit untuk mendapatkan lapisan tak terlihat. Anda juga bisa mengekspor sebagai OBJ, dan beban ke Photoshop CS3 atau yang lebih baru dan cat 3D ke bola ( Gbr.14 ). |
Gbr.14 |
Langkah 15 : |
Perhatikan bahwa texturing ini tidak serius, hanya untuk menunjukkan seberapa baik kerjanya ( Gbr.15 ). |
Gbr.15
|
ini bahasa apaan?kata2nya..kok ga beraturan
ReplyDeleteorang jawa bilang yang dipake ini bahasa 'KURNGO' alias sokor mengo.....
ReplyDelete