Membuat & Texturing Football / Bola Sepak Bola Menggunakan 3dsmax

'Membuat & Texturing Football A / Soccer Ball Menggunakan 3dsmax'

oleh Benetatos Themis



Perangkat Lunak yang Digunakan :



3dsmax

Pendahuluan:



Beberapa orang telah bertanya kepada saya bagaimana mereka bisa tekstur bola yang dihasilkan dengan saya script Ball Football Maker. Pilihan pertama, dan jelek, akan untuk meratakan Uvs dalam pengubah membuka dan kemudian tekstur dalam perangkat lunak lukisan 3D seperti Mudbox / BodyPaint dll Pilihan kedua adalah dengan membuat bola poli rendah, membukanya dan kemudian menghasilkan normal peta untuk patch dari model poli tinggi.

Ini adalah solusi saya akan menjelaskan dalam tutorial ini kecil.


Langkah 1 :



Hasilkan sepak bola dengan script (link Download:) ( Fig.01 ).

Fig.01

Langkah 2 :



Sembunyikan sepak bola dan menciptakan Box di posisi 0,0,0 ( Fig.02 ).


Fig.02

Langkah 3 :



Membuka Kotak tersebut. Anda hanya bisa menggunakan tombol rata UV tapi saya menemukan membuka bungkusan kanan kotak yang elegan cara yang lebih untuk melanjutkan. Anda juga dapat cat tekstur Anda dalam cara yang lebih mudah setelah itu dalam program lukisan 2D, karena Anda dapat melihat di mana lapisan poligon akan ( Fig.03 ).


Fig.03

Langkah 4 :



Menerapkan pengubah Turbosmooth untuk membuat kotak cukup halus agar terlihat seperti sebuah bola ( Fig.04 ).


Fig.04

Langkah 5 :



Menerapkan pengubah Spherify dengan nilai 100 persen untuk membuat kotak terlihat lebih seperti sebuah bola (Fig.05 ).


Fig.05

Langkah 6 :



Terapkan lain Turbosmooth pengubah dan Anda memiliki lingkup membukanya ( Fig.06 ).


Fig.06

Langkah 7 :



Unhide pada-poli sepakbola tinggi dibuat dengan script dan skala atas / bawah yang rendah poli agar sesuai dengan radius. Kedua bola harus tumpang tindih, seperti pada gambar, dalam rangka untuk mendapatkan peta yang normal yang benar ( Fig.07 ).


Fig.07

Langkah 8 :



Pilih lingkup membuka bungkus kita hanya membuat dan tekan 0 atau klik pada tombol Render untuk Tekstur (di menu rollout Rendering). Klik tombol Pilih, pilih sepak bola yang dihasilkan dengan script dan klik Tambah.

Aktifkan Proyeksi ticker Enabled tepat di samping tombol Pick.

Dalam Pemetaan Koordinat, Obyek harus Gunakan ada Channel dan Sub-Objek harus "Gunakan Unwrap Otomatis (Fig.08 ).


Fig.08


Langkah 9 :



Sebuah pengubah proyeksi harus ditambahkan di atas bola Anda membukanya stack. Dalam peluncuran Cage klik Reset pertama, kemudian memasukkan Jumlah 0,5 untuk membuat kandang cukup besar untuk memanggang semua informasi poli tinggi untuk peta normal ( Fig.09 ).


Fig.09

Langkah 10 :



Dalam untuk Tekstur dialog Render, klik Add dan pilih NormalsMap dari daftar ( Gbr.10 ).


Gbr.10



Langkah 11 :



Aku tahu mungkin terdengar sangat besar untuk sebagian dari Anda, tapi aku mendapatkan hasil yang lebih baik dengan lebar dan tinggi 4096 untuk tekstur peta normal saya. Anda masih dapat memasukkan nilai yang lebih kecil tetapi jika Anda mendapatkan artefak atau deformasi kecil mungkin lebih baik untuk tetap dengan 4096 pixel. Tekan tombol Render dan tunggu sampai dialog baking menghilang ( Gbr.11 ).


Gbr.11

Langkah 12 :



Hasilnya harus tekstur peta ini normal. Jika, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Anda melihat artefak di peta tekstur normal anda maka ada kemungkinan besar bahwa jumlah nilai Anda dalam proyeksi pengubah terlalu kecil.Jika hal ini terjadi maka meningkatkan nilai jumlah dan tekan Render lagi sampai semua artefak hilang ( Gbr.12 ).


Gbr.12

Langkah 13 :



Buka Material Editor, klik slot Bump peta, pilih Normal Bump, klik tombol Normal dan pilih tekstur normal peta yang dihasilkan Anda. Naikkan nilai default dari benjolan dari 30 sampai 100. Terapkan peta dan menyembunyikan atau menghapus poli sepakbola tinggi yang dihasilkan karena kita tidak membutuhkannya lagi. Anda sekarang harus memiliki membukanya bola poli rendah dengan tambalan di membuat Anda. Jika Anda ingin melihat benjolan normal dalam viewport, Anda dapat melihat pratinjau shader Anda dalam mode DirectX dengan menjaga preview tombol ditekan dan memilih tombol preview pink ( Gbr.13 ).


Gbr.13

Langkah 14 :



Sisi ke sisi sepak bola poli tinggi dihasilkan dengan script dan versi membukanya. Anda sekarang dapat melukis bola di sebuah perangkat lunak lukisan 3D. Saya menggunakan Sculptris (http://www.zbrushcentral.com/showthread.php?t=090617) karena ini gratis, hanya untuk menunjukkan betapa mulus garis biru. Tapi Anda juga dapat mengekspor membuka tekstur UV dan cat di Photoshop misalnya, itu hanya sulit untuk mendapatkan lapisan tak terlihat. Anda juga bisa mengekspor sebagai OBJ, dan beban ke Photoshop CS3 atau yang lebih baru dan cat 3D ke bola ( Gbr.14 ).


Gbr.14

Langkah 15 :



Perhatikan bahwa texturing ini tidak serius, hanya untuk menunjukkan seberapa baik kerjanya ( Gbr.15 ).


Gbr.15

Dan tekstur difus ( Gbr.16 ).


Gbr.16

Membuat & Texturing Football / Bola Sepak Bola Menggunakan 3dsmax Membuat & Texturing Football / Bola Sepak Bola Menggunakan 3dsmax Reviewed by eka ajae on 6:26 AM Rating: 5

2 comments:

  1. ini bahasa apaan?kata2nya..kok ga beraturan

    ReplyDelete
  2. orang jawa bilang yang dipake ini bahasa 'KURNGO' alias sokor mengo.....

    ReplyDelete

Komentar

Powered by Blogger.