Pemilihan Warna Pada Sebuah Web / Blog


Pemilihan warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text dan image) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs itu.

Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda. Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang-kembang dengan warna menyolok).

Anda bisa melihat di dibawah, untuk korelasi secara umum psikologis seseorang terhadap warna.

Merah
Memiliki Respon Psikologi Power, Energi, Kehangatan, Cinta, Nafsu, Agresi, Bahaya, Api, Panas, Kemarahan, Darah dan Revolusi
Catatan : Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal.
Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti 'bahagia' di budaya Oriental.

Biru
Memiliki Respon Psikologi Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan, Kesunyian, Kesejukan, Kejujuran, Keseriusan, Ketenangan dan Stabilitas Hubungannya dengan Langit dan Air.
Catatan : Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan 'kepercayaan'.

Hijau
Memiliki Respon Psikologi Alami, Kesegaran, Kesehatan, Kejelasan Keberuntungan, Pembaharuan, Relaksasi.
Catatan : Warna Hijau tidak terlalu 'sukses' untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan.
Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.

Yellow
Memiliki Respon Psikologi Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan. Mewakili Matahari, Warna Cahaya Kehidupan, Kesehatan, Kesegaran Brightness, Kekayaan, Spiritualitas.
Catatan : Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.

Ungu/Jingga
Memiliki Respon Psikologi Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan, Kemurungan.
Catatan : Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. Paduan warna merah dan biru.

Oranye
Memiliki Respon Psikologi Energy, Keseimbangan, Kehangantan, Simbol Pengetahuan, Juga Mewakili Kebahagiaan, Kesegaran, Patriotisme.
Catatan : Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.

Coklat
Memiliki Respon Psikologi Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.
Catatan : Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.

Abu Abu
Memiliki Respon Psikologi Intelek, Masa Depan (mirip warna Milenium), Kesederhanaan
Catatan : Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.

Putih
Memiliki Respon Psikologi Kesucian, Kebersihan, Ketepatan, Ketidak bersalahan, Kemurnian, Penuh Kejujuran, Setril dan Kematian.
Catatan : Di Amerika, Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), tapi di banyak budaya Timur (terutama India dan Cina), warna Putih melambangkan kematian.

Hitam
Memiliki Respon Psikologi Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan, Kegelapan, Represent Inauspicious Events
Catatan : Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat.
Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated)

Tidak hanya palet warna anda match dengan isi situs, tapi anda juga harus memilih warna yang sesuai dengan budaya pengunjung anda. Beberapa penelitian menujukkan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda akan berbeda, misalnya warna oranye, secara universal, akan merepresentasikan produk yang tidak mahal, dan perayaan halloween. Di Amerika, warna biru tua merepresentasikan Kepercayaan (TRUST), tapi di Korea, kepercayaan lebih direpresentasikan oleh warna-warna pastel, terutama pink, jadi penggunaan warna yang cocok, juga harus didukung oleh pemahaman tentang apa arti WARNA tersebut di demografi pengunjung yang kita tuju. (Misalnya, situs dengan warna kuning terang di Indonesia, mungkin akan dikaitkan dengan sebuah parpol tertentu).

Pemilihan Warna Pada Sebuah Web / Blog Pemilihan Warna Pada Sebuah Web / Blog Reviewed by desainkomunikasivisual on 8:49 AM Rating: 5

5 comments:

  1. wah, artikelnya mantap, mas!
    like this

    ReplyDelete
  2. karna warna adalah segalanya . ..
    :)

    :thumbsup:

    ReplyDelete
  3. mas, mau tanya saya kan sedang membuat design web dg tema web tentang info2 kebud di pulau jawa, pd bagian header dan footer saya menggunakan warna coklat batik yg bermotif,,,trs enakna pada bagian header diberi warna apa y??..mhn bantuanny :)

    ReplyDelete
  4. @Copycat91... Tq dah nerkunjung...
    @Een Cappuccino...betul sekali gan...
    @anonim... cuman saran bagisn headernya di beri warna coklat juga, supaya ada kesan menyatu dengan footernya.

    ReplyDelete
  5. numpang nanya.

    Blog saya adalah tentang motivasi, tips, materi pelajaran, dan pribadi.

    Lalu, apakah warna biru(seperti yang terlihat di blog saya) cocok untuk menggambarkan blog saya?

    Terima kasih, Tetap Semangat!
    Hedi Sasrawan

    ReplyDelete

Komentar

Powered by Blogger.