KENIKMATAN DUNIA FREELANCE

"Kebebasan" itulah kata yang paling tepat tujuan dari kerja secara freelance. Kelebihan dari bekerja secara freelance adalah bisa memiliki dan mengatur hidup sendiri, juga mengontrol kerjaan sendiri. Selain "kebebasan" freelance juga memiliki tantangan yaitu, kemampuan untuk disiplin dan bertanggung jawab.

Pengalaman saya sebagai freelance dibandingkan bekarja pada sebuah prusahaan, freelance penghasilanya lebih besar. Tapi tergantung kepada seberapa keras anda bekerja, relasi, dan pergaulan.

Biasanya hal yang paling membuat saya jengkel adalah sifat saya yang sering menunda - nunda suatu pekerjaan, dan pada akhirnya menjelang deadline baru begadang ampe pagi... hehe saya harap anda tidak begitu.

Satu hal lagi, menjadi freelance memang sangat menarik dan bebas dari segala tekanan, tapi yang harus diingat adalah bagaimana menjaga kepuasan klien agar jasa anda tetap digunakan. Yang pertama adalah disiplin. Hal ini harus dilakukan karena hasil dari pekerjaan harus sesuai dengan apa yang anda janjikan.

Yang ke dua yaitu memiliki pergaulan yang luas. Dengan pergaulan itu, anda akan tau informasi tentang tren dan mencari klien baru. Ketiga, terus meningkatkan kemampuan anda. Karena persaingan akan semakin ketat. Selanjutnya jangan memberikan saran kepada klien yang terlalu berlebihan, seolah - olah digurui. Kerjakan apa yang diminta dan ada saatnya klien akan bertanya "gimana menurut anda" nah di situ baru anda mengeluarkan pendapat anda.

Kelima, Berusaha menyelesaikan job sebelum dead line. Karena semakin cepat akan semakin baik, tanpa meninggalkan kualitas. Setelah itu selalu berkomunikasi dengan klien anda supaya hubungan terus berlanjut. Yang terakhir, harga yang bersaing.




KENIKMATAN DUNIA FREELANCE KENIKMATAN DUNIA FREELANCE Reviewed by desainkomunikasivisual on 8:27 AM Rating: 5

2 comments:

Komentar

Powered by Blogger.